Sabtu, 01 Desember 2012

Gangnam Metropolitan



“Op.. Op.. Op.. Op.. Oppan Gangnam Seutail” pasti udah ga asing lagi di telinga kita kan guys?! Yup, beberapa bulan belakangan ini Gangnam Style emang lagi ngeBOOM-ing banget ke penjuru dunia ga ketinggalan, Indonesia. Gangnam Style diciptakan sekaligus dipopulerkan oleh penyanyi asal Korea Selatan, Psy sekitar bulan Juli yang lalu dan hingga sekarang telah ditonton sebanyak 852.214.101 pengunjung Youtube dan pastinya akan bertambah. Saking populernya si Gangnam Style ini sampai mengalahkan jumlah rekor pengunjung video bintang Hollywood seperti Justin Bieber, LMFAO, Rihanna bahkan Jennifer Lopez.
Mungkin ada beberapa dari kalian yang masih bingung sebenernya apa sih Gangnam Style itu? Well, Gangnam sendiri sebenarnya merupakan salah satu kawasan elit dan paling makmur di Korea Selatan. Even malam hari pun kota ini ga pernah tidur, bahkan lebih ramai dipenuhi warga Korea yang berjalan kaki di depan toko atau kios yang berjejer. Billboard berukuran besar dan neon sign bertebaran dimana – mana. Membuat suasana malam terasa lebih hidup. Selain itu kota ini juga dihuni sama perusahaan besar macam Google dan IBM lho. Oh ya, untuk Gangnam sendiri itu artinya “South of The River” karena kota ini berada di sepanjang aliran Sungai Han.

Kota Gangnam di malam hari


Han River, tempat nongkrong artis di sana sekaligus *katanya* tempat bunuh diri. jd jangan kaget kalo lg nongkrong tb2 ada pocong atau tuyul keluar dari air. wkwkwk


hampir sama kan kayak Jakarta? cuma macetnya aja yg bikin beda :P





Back to topic, lagu Gangnam Style yang easy to listen dengan irama yang catchy dengan video klip yang menghibur telah berhasil merauk banyak penghargaan. Bukan hanya di negara asalnya, Korea tapi, sudah mencapai tingkat Internasional. Dengan berhasil mencapai hingga 2.000.000 penjualan digital secara otomatis Psy langsung dianugerahi Double Platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA) di Amerika Serikat. Ditambah lagi Gangnam Style telah masuk Guinness World Records dengan jumlah liked terbanyak dalam sejarah Youtube dan menjadi lagu Kpop pertama yang menduduki posisi puncak di tangga lagu I-tunes.
Eits, belum sampai di situ. Ngerasa ada yang kurang ga? Yup.. Dancenya! Yang pastinya juga udah ga asing lagi. Kalau Super Junior terkenal dengan Kepret Dance nya di Mr.Simple, Girl’s Generation dengan Crab Leg Dance di Gee. Gangnam Style juga ga mau ketinggalan dengan Horse Dance nya  sampai Britney Spears aja tertarik lho untuk belajar tarian kuda itu. Artis Indonesia juga banyak yang ikut – ikutan mulai dari Vicky Shu sampai pelawak cantik Ayu Dewi. Tarian yang mirip kuda jingkrak itu dimaksudkan karena orang – orang elit di kawasan Gangnam memiliki hobi berkuda. Maka jadilah tarian tersebut. Tidak heran makanya sekarang banyak orang dari seluruh dunia, wanita – pria, anak kecil bahkan sampai orang tua mengupload Gangnam Style cover dance mereka. Karena memang tarian ini juga tidak sulit untuk dipraktekkan. Boleh dicoba untuk yang berminat..

Masyarakat Indonesia yang ‘keracunan’ Gangnam Style beramai – ramai melakukan flashmob di Bundaran HI beberapa bulan yang lalu (kapanlagi.com . Sampai sekarang, di penghujung tahun pun kehebohan Gangnam Style masih kian terasa di Indonesia. Oleh karena itu, jangan heran kalau di acara – acara musik, talk show atau acara lainnya di stasiun TV kita tiba – tiba berdendang si Gangnam Style. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau Korean Wave sudah melanda khususnya beberapa kota besar di Indonesia dan mungkin bisa lebih meluas lagi.



sekitar 1000 orang mengikuti flashmob di Bundaran HI
Selama virus Korea, khususnya si Gangnam Style ini tidak mematikan gak ada salahnya untuk kita terima keberadaannya toh, sekaligus bisa terbuka dan belajar budaya Korea. Tapi, ingat kita tetep ga boleh melupakan budaya asal kita, Indonesia. Bahkan, mungkin kita juga bisa gantian menyebarkan Indonesian Wave ke negara lain  dengan karya yang positif plus orisinalitas tentunya. HWAITING GUYS!!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar